Jumat, 14 September 2018

CONTOH PROPOSAL LABOLATORIUM



PROPOSAL LABOLATORIUM




I.                   PENDAHULUAN
Melihat pesatnya perkembangan Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Al-Munir pada usia yang ke-49 (Empat Sembilan  Tahun) ini, sudah barang tentu perbaikan-perbaikan disegala bidang terus dilaksankan. Hal ini demi mewujudkan Yayasan Pendidikan Islam Indonesia sebagai lembaga pendidikan yang memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap dan sebagai lembaga pendidikan yang mandiri.
Untuk mewujudakn cita-cita yang mulia ini tidak semudah yang dibayangkan, maka dibutuhkan kerjasama yang baik dan rapih dari seluruh stageholder yang ada, juga pihak-pihak yang lain yang terkait terutama dari Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional. Sebagaimana misi dari MTs. PII Salinggara Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Al-Munir yaitu terdepan dalam sains dan teknologi dengan bahasa sebagai sarana, maka kami mengahapakan bantuan Laboratorium Bahasa.

II.                KONDISI
a.      Letak
Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Al-Munir terletak di Kampung Kadulimus Desa Kadulimus Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten :
1.      Jarak lokasi dengan ibu kota Kecamatan Banjar 2.5 KM
2.      Jarak lokasi dengan ibu kota Kabupaten  Pandeglang 10 KM
3.      Jarak lokasi dengan ibu kota Provinsi Banten 46 KM
b.      Tanah
Tanah tempat didirikan Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Al-Munir dengan jenjang pendidikan MI PII Salinggara, MTs. PII Salinggara dan MA PII Al-Munir ini adalah tanah wakaf keluarga seluas 3,6 Ha. Yang telah terpakai oleh bangunan seluas  1 H, Pertanian 1,3, dan 1,3 Perkebunan.

c.       Keadaan Bangunan
NO
JENIS BARANG
JUMLAH
KEADAAN
UKURAN
KET
B
S
R

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Lokal Belajar MI
Lokal Belajar MTs
Lokal Belajar MA
Kantor
Ruang OSIS
Lab. Komputer
Majlis Ta’lim
Koperasi
Gudang
MCK
Dapur Umum


6   Lokal
10 Lokal
2   Lokal
2   Lokal
1   Lokal
1   Lokal
1   Buahl
1   Buah
1   Lokal
2   Unit
1   Buah

5
9
2
2
-
4
1
1
-
1
-


1
1
-
-
1
-
-
-
1
1
1


-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

9   X 48 M2
9   X 60 M2
9   X 16 M2
10 X 10 M2
3   X 4   M2
5   X 7   M2
9   X 10 M2
4   X  9  M2
3   X  5  M2
5   X  9  M2
3   X  3  M2


Jumlah
28
25
6




d.      Jumlah Siswa
SEKOLAH
KELAS
SISWA
JUMLAH
KET
LK
PR

MI PII Salinggar






MTs PII Salinggara



MA PII Al-Munir

I
II
III
IV
V
VI

VII
VIII
IX

X
XI


17
13
11
10
15
13

75
92
53

15
11

15
11
14
16
14
16

60
64
72

7
15

32
24
25
26
29
29

135
156
125

22
26

Jumlah
325
302
629






e.       Keadaan Guru / Karyawan
No
Nama Lengkap
Jabatan
Ijazah Terakhir
PK
Tempat Tugas
Status Penugasan
1
2
3
4
9
10
11
1
A. AONULLAH, Sy. M
Ketua Yayasan & Kepal MTS
SLTP
3 Th
YPII

2
S. NAWAWI
Komite MTs
PGA
43 Th
MTs
Guru MP
3
ATRA MULYANA, S.Pd.I
Kaur Kurikulum MTs
S1-Tarbiyah
24 Th
MTs
Guru MP
4
TETI KASMAWATI
Wali Kelas
SLTA
11 Th
MTs
Guru MP
5
TEDI MUHTADIN, S.Pd.I
BP & BK
S1-Tarbiyah
8 Th
MTs
Guru MP
6
HASAN, A. Ma
Wali Kelas
D-II Tarbiyah
7 Th
MTs
Guru MP
7
JUHAERIAH
Wali Kelas
SLTA
6 Th
MTs
Guru MP
8
AKHMAD SYAFE'I, S.S

S1-Sastra
4 Th
MTs
Guru MP
9
ZAENASSOLIHIN. Ag
Pembina OSIS
SLTA
3 Th
MTs
Guru MP
10
JARNA
Wali Kelas
SLTA
3 Th
MTs
Guru MP
11
ROSLIA NINGSIH
Wali Kelas
SLTA
3 Th
MTs
Guru MP
12
SUJA'I
Wali Kelas
SLTA
4 Th
MTs
Guru MP
13
JAJA ATTAURI, S.Pd
Wakil Kepala MA
S1-B.Inggris
3 Th
MTs
Guru MP
14
ATMA

SLTP
2 Th
MTs
Guru MP
15
DEDY SYAMSUL HADI

SLTA
1 Th
MTs
Guru MP
16
AHMAD DARDIRI

SLTA
1 Th
MTs
Guru MP
17
A. SARIPUDIN, S.Pd.I

S1-Tarbiyah
1 Th
MTs
Guru MP
18
FAHRUROZI
Staf TU
SLTA
1 Th
MTs
Guru MP
19
ACANG
Security
SLTP
1 Th
MTs
Guru MP
20
MUSLIM
Komite MI
SD
8 Th
MTs
Guru MP
21
NURHAYATI. K
Sataf TU
SLTA
1 Th
MTs
Guru MP
22
EDY SUZATMIKO, S.Pd
BP & BK
S1-B.Indonesia
2 Th
MA
Guru MP
23
ASEP AWALUDIN, S. E
Bendahara MTs & MA, Walikelas
S1-Ekonomi
4 Th
MTs
Guru MP
24
AHMAD SYAHID, S. H
Kepala MA, Wakasek MTs, Bendahar MI
S1-Hukum
5 Th
MA
Guru MP
25
YEYEN KURNIATI, S. Pd. I
Wali Kelas
S1-Tarbiyah
7 Th
MA
Guru MP
26
NONG IIN ATIKAH, S. E
Wali Kelas
S1-Ekonomi
4 Th
MA
Guru MP
27
MUHAMAD RUSLI, S.Pd.I

S1-Tarbiyah
2 Th
MA
Guru MP
28
KHAERIL ANWAR. Sh.U
Kaur TU (MTs & MA), Walikelas
SMK Tek-In
3 Th
MA
Guru MP
29
IWAN SOFWANI, S.Pd.I

S1-Tarbiyah
2 Th
MA
Guru MP
30
SUDRAJAT, S.Pd

S1-Pendidikan
2 Th
MA
Guru MP
31
Dra. UMIYATI
Pembina Kesenian
S1-Tarbiyah
11Th
MA
Guru MP
32
YULI PUJI ASTUTI, S.Pd

S1-Pendidikan
2 Th
MA
Guru MP
33
SITI ARIFAH

SLTA
2 Th
MA
Guru MP
34
ABDUL KARIM. A.Ma

D-II Tarbiyah
6 Th
MA
Guru MP
35
VINA INDRIATI W, S.Pd
Kaur Kurikulum MA
S1-Matematika
2 Th
MA
Guru MP
36
ABDUL MAJID, S.Pd.I

S1-B.Inggris
4 Th
MA
Guru MP
37
RAHMAT SURYANA
Staf TU Aliyah
SLTA
1 Th
MA
Guru MP
38
AKHMAD SURYANA
Pembina OSIS MA
SLTA
3 Th
MA
Guru MP
39
HADI HASAN, A.Ma

D-II Komputer
1 Th
MA
Guru MP
40
SITI NURHASANAH,S.Pd.I
Pembina Kreatifitas
S1-Tarbiyah
4 Th
MA
Guru MP
41
SUHERMAN, S.Pd.I
Kepala MI
S1-Tarbiyah
1 Th
MI

42
M. ABAS, A.Ma
Kaur Kurikulum MI
D-II PAI
10 Th
MI
Guru MP
43
APIPAH

SLTA
4 Th
MI
Guru MP
44
SITI IMAS MAESAROH
Wakasek MI
D-II PAI
1 Th
MI
Guru MP
45
HJ. UTI SURYATI

SLTP
11 Th
MI
Guru MP
46
SITI MAEMUNAH

SLTP
11 Th
MI
Guru MP
47
ANITA HANDAYANI, A.Ma

D-II PAI
8 Th
MI
Guru MP
48
FITRI WINDAWATI

SLTA
1 Th
MI
Guru MP
49
IYAM MARYAM
Perputakaan
SLTA
3 Th
 MI
Guru MP
50
NAJEMATUSSADIAH

SLTA
5 Th
MI
Guru MP
51
E. SRI RAHAYU

D-I PGTK
1 Th
MI
Guru MP


III.             MAKSUD DAN TUJUAN
a.      Dibidang Fisik
Adapun suatu fisik bangunan / gedung tempat pendidikan, majlis ta’lim, perkantoran, serta pasilitas yang lainnya yang mampu menampung segala aktivitas dalam mendukung Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) pada kampus YPII Al-Munir dalam rangka mencetak Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berpendidikan berwawasan keagamaan serta memiliki ketrampilan khusus.
b.      Dibidang Pendidikan dan Mental
Berangkat dari UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu membentuk manusia yang seutuhnya dengan sasaran mengusahakan terwujudnya pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan kebudayaan berdasrkan nilai-nilai agama Islam untuk membina manusia muslim yang bertaqwa, berbudi pekerti yang luhur, berpengetahuan yang luas dan terampil serta mempunyai prinsip sebagai hamba Allah SWT, yang senantiasa mengabdi dan semata-mata karena Allah SWT.
Untik mewujudakan cita-cita di ats maka penananman nilai aqidah Ahlussunah Waljam’ah merupakan pendididkan Yayasan bagi siswa Yayasan Pendidikan islam Indonesia dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama serta ditambah dengan keterampilan khusus agar siswa mampu hidup mandiri di tengah-tengah masyarakat. Keberadaan Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Al-Munir dapat memberikan Live Skill bagi para siswa.
Secara rinci Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Al-Munir Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten menampung siswa tingkat Madrasah Iftidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan sebagi lanjutannya tingkat Madrasah Aliyah (MA) PII Al-Munir yaitu :


Tingkat Madrasah Iftidaiyah (MI) pendidikan selama 6 tahun.
1.      Tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) pendidikan selama 3 tahun dan calon siswa yang diterima melalui lulusan MI / SD melalui seleksi penerimaan siswa baru.
2.      Tingkat Madrasah Aliyah (MA) pendidikan selama 3 tahun dan calon siswa yang diterima lulusan MTs / SMP.
Adapun metode pengajaran yang diterapkan adalah dengan program tatap muka, belajar mandiri dan prekatek dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggiri dalam materi khusus serta pengembangan diri dengan ekstra kurikuler.

IV.             PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat, atas perhatian dan terkabulnya diucapakan terima kasih.
Wassalam.

Salinggara, 20 Januari 2010
Mengertahui ;                                                              Kepala Madrasah Tsanawiyah,
Ketua Yayasan,


( A. AONULLAH. Sy.M )                                        ( A. AONULLAH. Sy.M )








I.         PENDAHULUAN


Pendidikan Merupakan Proses pembentukan kepribadian yang berbudi pekerti mulia, yang pada akhirnya anak diharapkan menjadi dewasa dalam pola berfikirnya, hal ini dapat nampak dari tanggung jawabnya sebagai konsekwensi logis yang harus dimiliki oleh setiap manusia.
MTs. PII Salinggara salah satu sekolah yang terletak di wilayah Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang, dalam perkembangannya sebagai salah satu sekolah yang telah menjadi sekolah alternatif di wilayah kecamatan Banjar dan sekitarnya, hal ini dapat dilihat dari respon masyarakat yang sangat antusias sekaligus menjadikan MTs PII Salinggara sebagai pilihan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul.
Peningkatan mutu akademis menjadi prioritas utama bagi pelaksanaan program di MTs PII Salinggara, sejalan dengan hal di atas dimana keseluruhan proses pembelajaran mengupayakan peningkatan motivasi siswa dalam meraih prestasi terbaiknya, walaupun sementara ini ada beberapa keterbatasan dalam proses pembelajaran yang masih menjadi persoalan seperti diantaranya belum tersedianya ruang belajar, kantor dan sarana prasarana yang lain, dan untuk sementara ini  menggunakan sarana yang ada.
Segala upaya telah kami lakukan untuk mencapai dalam kontek pencapaian tujuan pendidikan di MTs. PII Salinggara, dan keterbatasan daya dukung masyarakat masih sangat mendominasi upaya peningkatan partisipasi masyarakat terhadap program program sekolah.
Upaya lain yang kami lakukan adalah dengan melaksanakan school reform pada sektor KBM, School kultur dan peningkatan program hubungan dengan masyarakat keseluruhan ini kami seting pada program Managemen Berbasis Sekolah (MBS).
Indikator peningkatan mutu sementara ini diwujudkan dalam bentuk stabilitas KBM. Secara mendasar keseluruhan proses pencapaian program  KBM yang mantap, dan perlu dukungan dari berbagai elemen.
Dari kondisi di atas MTs. PII Salinggara memprogramkan peningkatan prestasi disegala bidang baik akademis maupun non akademis.




II.        PROFIL SEKOLAH

  1. Nama Sekolah                                    :  MTs. PII Salinggara
  2. Alamat Sekolah                                  :  Kp. Salinggara. Ds. Kadulimus Kec Banjar
                                                                     Kab.   Pandeglang Kode Pos 42252
  3. Luas Bangunan Lokal/Tanah MA      :  108 M3
  4. Luas Tanah Yayasan PII Al-Munir    :  3000 M3 (Sisa Lahan Kosong 660 M3)
  5. Nama Kepala Madrasah                     :  A. Aonullah. Sy.M

III.     SEJARAH YAYASAN PII AL-MUNIR 
Yayasan pendidikan Islam Indonesia berdiri pada tahun 1945 dan diberi nama “Diniyah “ pada masa tersebut siswa/i nya terdiri dari pada santri yang sekaligus belajar mengaji. Pendiri Yayasan Pendidikan Islam Indonesia Salinggara yaitu KH. Syarip Munir, dari kegigihan beliaulah yang ingin memajukan pendidikan Islam di Indonesia di kalangan masarakat bawah, sehingga terbentuk sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama Yayasan Pendidikan Islam Indonesia, dan dimulai dengan mendirikan MWB (Madrasah Wajib Belajar) kemudian diubah menjadi MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan Untuk menyetarakan pendidikan sembilan tahun, selanjutnya  KH. Syarip Munir mendirikan Madrasah Tsanawiyah pada tahun 1963, pada tahun 2000 MTs. PII Salinggara terdaftar sebagai sekolah yang diakui dengan NSS. 212 320 114 049 dan pada Tahun 2006 telah terakriditasi dengan pringkat B. Melihat dari perkembangan Masyarakat di lingkungan  Yayasan Pendidikan Islam Indonesia yang membutuhkan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas maka yayasan berinisiatif mendirikan  MA Terpadu Al-Munir.
MTs. PII Salinggara yang terletak berada di wilayah KP. Salinggara Desa Kadulimus Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang  Banten.

IV.     VISI, MISI DAN TUJUAN MA TERPADU AL-MUNIR
1.    Visi
Memajukan pendidikan Indonesia dikalangan bawah serta unggul di bidang pendidikan, agama, dan umum yang berguna bagi kemaslahatan dunia dan akhirat.
  2.  Misi
-  Mempertinggi keimanan dan ketaqwaan.
-  Membina akhlak dan budi pekerti siswa.
-  Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal
    balik dengan lingkungan sosial masyarakat.


3.  Tujuan Sekolah
1.    Terciptanya lingkungan belajar yang Agamis dengan disiplin yang tinggi.
2.    Dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang tangguh, percaya diri dan mampu bersaing tanpa meninggalkan sikap rendah diri.
3.    Dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang kaya akan ilmu pengetahuan dan kecakapan yang memiliki rasa optimis dan penuh percaya diri dalam rangka menyongsong masa depan.

V.      IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA
1.  Ruang KBM yang kurang kondusif karena bangunannya sudah cukup tua.
2.  Belum memiliki ruang kantor yang memadai
3.  Belum memiliki Lab. Bahasa
4.  Belum memiliki ruang Aula (serba guna)
5.  Belum memilki ruang perpustakaan yang memadaai
6.  Belum memilki ruang PKS (Pusat kegiatan Siswa/OSIS) yang memadai

VI.    SASARAN/TUJUAN SITUASIONAL SEKOLAH
1.    Dimilikinya ruang kelas belajar yang memadai untuk menyelenggarakan KBM secara setabil, mantap dan kondusif sesuai kebutuhan.
2.    Dimilikinya sarana dan prasarana yang menunjang terhadap KBM, khususnya ruang kantor, ruang laboratorium, Aula dan ruang kelas.
Untuk mewujudkan cita-cita yang mulia diatas, maka penanaman nilai aqidah Ahlussunah Waljamaa merupakan pendidikan dai siswa MTs PII Salinggara dengan nilai-nilai keagamaan, keterampilan, berbahasa agar siswa setelah lulus dapat hidup mandiri ditegah-tengah masyarakat. Keterampilan tersebut meliputi : (keterampilan bidang tekhnologin keterampilan bidang olah ragan keterampilan bidang kesenian budaya islam, keterampilan bidang kerajinan, keterampilan bidang usaha)

VII.   KEADAAN SNTRI
a.       Keadaan siswa Madrasah Tsanawiyah Pendidika Islam Indonesia Salinggara (MTs. PII Salinggara) selama 3 tahun.
NO
TAHUN PELAJARAN
JUMLAH SISWA
KETERANGAN

1
2
3

2007 / 2008
2008 / 2009
2009 / 2010

371
406
416




b.      Keadaan kelulusan Siswa MTs. PII Salinggara selama 3 Tahun.
NO
TAHUN PELAJARAN
JUMLAH PESERTA UJIAN
KELULUSAN
KET.

1
2
3

2006 / 2007
2007 / 2008
2008 / 2009

126
129
109

97,57 0/0
99,12 0/0
85,570/0


c.       Sorotan Prestasi siswa MTs. PII Salinngara.
TH
NO
JEIS PRESTASI
JUARA KE
JENIS PIALA
1995
s.d
2000
1
2
3
4
5
6
7
8
LKBB
Lomba Qosidah Putri
Sapta Putra
Gerak Jalan Putri
HUT Pramuka Ke-44
HUT Pramuka Ke-45
Jambore Ke-47
Lomba Qosidah
II
I
I
III
I
II
II
I
Kabupaten
Kecamatan
Kabupaten
Kecamatan Kecamatan
Kecamatan Kecamatan Kecamatan
2001
1
2
Bidang Ketangkasa Putri
Dinamika penggala
III
III
Kecamatam
Kwaran Banjar
2002
1
Grak Jalan Putra
II
Kecamatan
2006
1
2
Lomba Pidato B. Indonesia
GEMA DIDDA
II
III
Kecamatan
Kecamatan
2007
1
2
3
4
5
6
Qosidah Grups
Pidato Keagaaman
Gerak Jalan Putra
Pesantren Kilat
Raja ratu Rimba
Cerdas Cermat
I
I
III
I
I
I
Kecamatan
MAN Cihideng
Kecamatan
Kecamatan
MAN Cihideng
MAN Cihideng
2008
1
2
Volly Ball Putri
Gerak Jalan Putra
III
III
Kecamatan Kecamatan
2009
1
2
3
Grak Jalan Putri
Penjelajah putra
Penjelajah Putri
I
III
I
Kecamatan Kecamatan Kecamatan




VIII.  BIAYA OPERASIONAL
            Biaya operasional Madrasah diperoleh dari bantuan APBN dan APBD. Perlu diketahui siswa/i Madrasah bebas dari biaya bulanan, bangunan. Dan perlu diketahui bukan karena Madrasah tidak memprogramkan iuran dari siswa, tetapi pihak Madrasah yang di kedepankan adalah SDM siswa.
IX.     DATA GURU DAN KARYAWAN MTs PII SALINGGARA
          ( Terlampir )
X.     PETA LOKASI MTs PII SALINGGARA
          ( Terlampir )
XI.    AKTA TANAH
          ( Terlampir )
XII.   AKTA NOTARIS         
          ( Terlampir )
XII.   PENUTUP
          Demikian Profil Madrasah Tsanawiyah Pendidikan Islam Indonesia Salinggara yang kami buat, saran dan kritik yang konstruktif sangat kami harapkan demi kemajuan Madrasah untuk masa yang akan datang.

Salinggara, 20 Januari 2010
Kepala madrasah,



A. AONULLAH. Sy.M











Lampiran VIII  :












DATA SISWA/I
MA TERPADU AL-MUNIR



















Lampiran IX  :
SUSUNAN PENDIRI
MA TERPADU AL-MUNIR
KECAMATAN BANJAR KABUPATEN PANDEGLANG



Ketua  I           :  A. AONULLAH. SY. M
Sekretaris        :  Drs. H. RIDWAN
Anggota          :  -    AHMAD SYAHID, S.H
-          H. TONI ARBA



























Lampiran XI  :
PETA LOKASI

MA TERPADU AL-MUNIR
BANJAR – PANDEGLANG


Jln. labuan-JakartaJln. BatubantarJln. CikoromoyJln. Salinggara - KadulimusMTs PII
SalinggaraPsr. KadugedongPolsek BanjarPsr. MajaPsr. MajaGdg. Pariwisata
Kab. PDGPusat Pemerintahan
Kab. PandeglangJln. Psr. kadukacang- Psr KadugedongJln. labuan - PandeglangAlun-Alun 
PandeglangJln. Raya Rangkas - PandeglangJln. Raya Maja - Cibiuk
Masjid Agung 
Ar-Rahman PDG
POLRES
Pandeglang
 




Text Box: 5Text Box: 4Text Box: 4Text Box: 4Text Box: 4                                                          
                     
Text Box: 3,Text Box: 3,Text Box: 3,Text Box: 3,Text Box: 3,Text Box: 3,Text Box: 3,Text Box: 5,Text Box: 2,Text Box: 3,Text Box: 3,Text Box: 1,Text Box: 6
 
















Keterangan:
    1. Ruang Kantor
    2. Laboratorium Teknologi Informasi dan Komunikasi
    3. Ruang Kelas MTs. PII Salinggara dan Madrasah Diniyah (MD)
    4. Ruang Kelas MI ( Madrasah Ibtidaiyah)
    5. MA Terpadu Al-Munir
    6. Majlis Ta’lim Al-Munir




Lampiran XII  :










AKTA TANAH

































Lampiran XIII  :




















GAMBAR




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKS NARASI KELAS VII SMP/MTs

Teks Narasi : Pengertian, struktur, kaidah kebahasaan. jenis dan contoh teks narasi Kali ini saya akan menguraikan apa itu  teks naras...