RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Madrasah : MA PII AL-MUNIR Salinggara
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi
Dasar : 1. 1. Menjelaskan
fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji
hubungan masyarakat dan
lingkungan.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
·
Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·
Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·
Mengidentifikasi
data tentang realitas sosial masyarakat
Alokasi
Waktu : 6 x 40 menit (3 X Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran,
siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan
sosiologi.
2.
menjelaskan sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3.
mendeskrispsikan sejarah perkembangan sosiologi.
4.
menjelaskan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5.
mendeskripsikan peran sosiolog dalam masyarakat.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat
kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung
Jawab.
Kewirausahaan /
Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan
Hasil, Jujur, Ulet.
B.
Materi Pembelajaran
1. Hakikat
sosiologi
2. Sosiologi
sebagai ilmu pengetahuan
3. Sejarah
Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
C.
Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan
masyarakat dan lingkungan
|
·
Secara berkelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi.
·
Secara berkelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial.
·
Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas
sosial masyarakat
|
·
Siswa dapat Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·
Siswa dapat Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas
sosial.
·
Siswa dapat Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat.
|
D.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1.
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
b.
Apresepsi
Kelas dipersiapkan seperti
absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan.
c.
Memotivasi
Siswa diberi penjelasan
tentang pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman materi yang akan dipelajari.
d.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat sosiologi, sosiologi
sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam
buku halaman 10, 12, dan 16. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin
tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
30 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Mengadakan post test. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang berhubungan
dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
Pertemuan II
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran
(absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.
Memotivasi
Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang
masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat.
c.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan informasi tentang
kompetensi yang akan dicapai.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan
sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas
masyarakat. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa dan guru membuat bagan tentang hubungan
sosiologi. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering
terjadi dalam masyarakat. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin
tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan
masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Masalah sosial
bisa diambil dari buku halaman 25 -26. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin
tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian
siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak
sebagai pemandu diskusi kelas. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin
tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi
kelompok. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
30 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Refleksi
Guru memberi beberapa kesimpulan tentang kedudukan sosiologi dan perannya dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal akhir
bab untuk ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
Pertemuan III
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk
pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.
Memotivasi
Guru
memberitahu tentang tujuan ulangan blok dan memberi semangat pada siswa untuk
mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. Soal
berupa hasil pilihan ganda, uraian dan juga skala sikap. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin
tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah
dibagikan. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaanny kepada gurunya
untuk diperiksa. (nilai yang
ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin
tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
30 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Guru dan siswa menjawab bersama soal-soal yang sudah
dijadikan bahan ulangan umum. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin
tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli
social, Tanggung Jawab.);
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk mempelajari bahan tentangn nilai dan norma
sosial. (nilai yang ditanamkan:
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
E.
Sumber
pembelajaran:
1.
Buku Sosiologi
SMA kelas 1 ESIS halaman 2- 30.
2.
Masalah-masalah
sosial
3.
Media massa
seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F.
Media
1. Papan
tulis
2. Lembar
soal
3. Transparan
Konsep
4. Power
Point
5. OHP
G.
Penilaian
1. Mengerjakan
latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
2. Mengidentifikasi
masalah sosial halaman 25.
3. Diskusi
kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini
format penilaian diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK
PENILAIAN
|
Total
nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI
KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang
dinilai:
- Kemampuan menyampaikan pendapat.
- Kemampuan memberikan argumentasi.
- Kemampuan memberikan kritik.
- Kemampuan mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30
= Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Rentang
skor : 1—3
1.
Aktivitas dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2.
Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian
berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian
tampil
Mengetahui,
Kepala Madrasah Al-Munir
(DAROJAT, S.Pd.I)
NIP/NIK :
....................................
|
|
Pandeglang, Juli 2013
Guru mapel Sosiologi
(DAROJAT, S.Pd.I)
NIP/NIK : ....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar