RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MTs.
PII Salinggara
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Tema : Teks cerita moral/fabel
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : VIII/I ( satu )
Tema : Teks cerita moral/fabel
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A. Kompotensi Inti
KI.1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
KI.2
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI.3
|
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI.4
|
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapain Kompetensi
1.2
|
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
|
2.2
|
Memiliki
perilaku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya
yang penuh makna
|
3.1
|
Memahami teks cerita moral/fabel,
ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran peserta didik dapat :
1. Mendeskripsikan
struktur teks cerita moral/fabel
2. Menjelaskan isi
teks cerita moral/fabel
D. Materi Pembelajaran
1.
Pengenalan
struktur teks cerita moral/fabel
Struktur isi:
(1) judul, (2)
perkenalan, memperkenalkan siapa para pelaku, apa yang dialami pelaku, dan di
mana terjadinya peristiwa, (3) komplikasi, konflik muncul dan para pelaku mulai
bereaksi terhadap konflik, kemudian konflik meningkat (4) klimaks, konflik mencapai
puncaknya, (5) penyelesaian, konflik
terpecahkan dan menemukan penyelesaiannya, dan (6) amanat/pesan moral
(tersurat/tersirat).
Ciri Bahasa
·
Memuat kata-kata sifat untuk mendeskripsikan pelaku, penampilan fisik,
atau kepribadiannya.
·
Memuat kata-kata keterangan untuk menggambarkan latar (latar waktu,
tempat,
dan suasana)
·
Memuat kata kerja yang menunjukkan peristiwa-peristiwa yang dialami para
pelaku
·
Memuat
sudut pandang pengarang(point of view)
2.
Pemahaman Isi
Teks cerita moral/fabel
E. Metode Pembelajaran
Metode :
Saintifik, PBL ( Problem Based Learning ).
F. Sumber Belajar.
- Contoh teks cerita moral/fabel dari internet
- Contoh teks cerita moral/fabel dari buku kumpulan dongeng
- Buku
referensi tentang genre teks.
G. Media Pembelajaran.
1. Cerita moral/fabel dan dongeng
2. Presentasi Powerpoint
3. Alat dan bahan
- LCD
Projektor
H. Langkah – langkah Kegiatan
Pembelajaran.
1.
Pendahuluan
(15 Menit )
a.
Guru mempersiapkan peserta didik
dalam pembelajaran dengan kebersihan kelas, berdoa, absensi.
b.
Guru memotivasi peserta didik dengan
menunjukan gambar kemudian menanyakan gambar tersebut kepada peserta didik.
c.
Guru memberi informasi tentang
kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Kegiatan
Inti ( 50 )
Mengamati
·
Mengamati tentang sikap-sikap baik dan buruk yang
terjadi di sekitar
Menanya
·
Menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks
cerita moral/fabel
Mengeksplorasikan
·
Membaca teks
cerita moral/fabel dengan cermat
·
Membaca contoh
analisis struktur isi teks cerita moral/fabel.
·
Membaca contoh
analisis fitur bahasa/ciri bahasa teks cerita moral/fabel
·
Mendiskusikan struktur isi teks cerita moral/fabel
·
Mendiskusikan ciri bahasa teks cerita moral/fable
·
Menjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks cerita moral/fabel (pertanyaan literal, inferensial,
integratif, kritis)
·
Saling menilai
kebenaran jawaban teman
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi dengan penuh percaya diri
·
Menanggapi hasil
presentasi secara santun
·
Menjawab/mengajukan
pertanyaan isi teks cerita moral/fabel (pertanyaan literal, inferensial,
integratif, kritis)
·
Saling menilai
kebenaran jawaban teman
3.
Penutup.
-
Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
-
Peserta didik memberikan umpan balik
dengan mengajukan pertanyaan.
-
Guru menyampaikan informasi
pembelajaran yang akan datang
I.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
Ø Teknik : Penilaian
antarteman
Ø Bentuk Instrumen :
Pedoman Evaluasi
Antar Teman
Nama : ……………………………
Teman yang dinilai :
……………..
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
Rubrik Penilaian
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
sikap beriman
dan bertakwa dalam kehidupan masyarakat.
|
a. Melaksanakan ibadah tepat waktu
b. Melaksanakan sholat berjamaah dengan
tertib
c. Berdoa sebelum belajar dengan khusyu
d. Berdoa setelah belajar dengan khusyu
e. Memperingati hari besar agama
|
|
|
|
|
2.
Sikap Sosial
Ø Teknik : Observasi
Ø Bentuk Instrumen :
Pedoman observasi Toleransi
Instrumen Penilaian Observasi
Nama Peserta didik : …………………………
Kelas : ………………………..
Materi Pokok : Toleransi keberagaman
Periode Penilaian :
.........................................
No
|
Pernyataan
|
RUBRIK
|
|||
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
||
1
|
Menghargai teman yang berbeda
ras
|
|
|
|
|
2
|
Tidak menghina teman yang
berbeda jenis kelamin
|
|
|
|
|
3
|
Dapat menerima kelemahan
orang lain
|
|
|
|
|
4
|
Memaafkan kesalahan orang
lain
|
|
|
|
|
5
|
Mampu dan mau bekerja sama
dengan siapa pun yang memiliki keberagaman ras dan gender
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Keterangan penskoran
Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5
pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor 2,80 – 3,19
Cukup :
apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79
Kurang :
apabila memperoleh skor kurang 2.40
3.
Pengetahuan
Ø Teknik : Test
Tulisan
Ø Bentuk Instrumen : Uraian
4.
Keterampilan
a. Teknik
penilaian :
Ø Penilaian portofolio
Ø penilaian kinerja
b.
Bentuk Instrumen : Rubrik penilaian portofolio,
rubric penilaian diskusi
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
a. Indikator Penilaian
1.
Menunjukkan karakteristik ras dalam
masyarakat
2.
Menunjukkan karakteristik gender dalam
masyarakat
3.
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang permasalahan tentang
keberagaman ras dan gender
4.
Menyusun portofolio tayangan tentang
permasalahan keberagaman ras dan gender.
5.
Mempresentasikan tulisan tentang
tentang keberagaman ras dan gender
b. Rubrik penilaian
portofolio
No
|
Nama kelompok
|
Aktivitas dalam Pembelajaran
|
Jumlah skor
|
||||
|
|
Penentuan
|
Kelangkapan informasi
|
Bahan tayang
|
Isi laporan
|
Penggunaan bahasa
|
|
Skor/nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
Konversi
|
Predikat
|
Keterangan
|
|
100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
|
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
|
A
A-
B+
B
B-
C+
|
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP
|
|
RUBRIK PENILAIAN
DISKUSI DAN PRESENTASI
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Aktivitas dalam Pembelajaran
|
Skor Total
|
||||||
Kerjasama
|
Presentasi
|
Menanggapi
|
Bertanya
|
Menanggapi
|
Menghargai Pendapat
|
Inisiatif
|
|||
Skor/Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran
Jumlah skor
|
Konversi
|
Predikat
|
Keterangan
|
100
90-99
80-89
70-79
60-69
50-59
|
3,67 – 4,00
3,34 – 3,66
3,01 – 333
2,67 – 3,00
2,34 – 2,66
2,01 – 2,33
|
A
A-
B+
B
B-
C+
|
SANGAT BAIK
SANGAT BAIK
BAIK
BAIK
CUKUP
CUKUP
|
Mengetahui, Bakongan, Juli 2014
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran Bhs Indonesia
ASEP AWALUDIN, SE RAHMAT SURYANA, S.IP
NIP. ......................................... NIP..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar